Oleh: m3d14ku | 21 Mei 2013

Sejarah Sepatu Doc Martens

Sedikit sejarah mengenai sepatu boot para skinhead:

Banyak diantara para pengguna dan penggila sepatu Dr.Martens terutama khususnya SKINHAEAD sebagian ada yang menganggap bahwa sepatu docmart merupakan sepatu yang murni dari inggris. Tapi jika kita lihat dari sejarah yang saya dapatkan sendiri sepatu Dr.Martens dibuat bukan oleh orang ingris asli,melainkan oleh seorang Dokter yang berkebangsaan Jerman pada era perang dunia ke2. Orang tersebut bernama Dr. Klaus Marten, orang inilah yang membuat untuk pertama kalinya sistem kerja sepatu Dr.Martens.

mengapa sistem kerja? karena keunikan sepatu Dr.martens adalah sole nya yang sangat empuk berbeda dengan sepatu boot lainnya.

Sekilas mengenai Dr. Klaus Marten:

Dr. Klaus Marten adalah dokter untuk tentara Jerman di era perang dunia II. Pada tahun 1945, ia mengalami cedera kaki. Ia kemudian memodifikasi sepatu boot-nya dengan lapisan kulit dan bantalan udara yg empuk. Setelah perang berakhir, dengan bekal pengalaman ini, sang dokter mencoba menjual ide inovasinya. Ia mulai menjalankan sebuah perusahaan sepatu rumahan skala kecil di Jerman dengan bantuan seorang teman lamanya sewaktu kuliah. Seiring berkembangnya waktu sepatu ini pun akihirnya dibeli oleh perusahaan Inggris.

Nama perusahaan tersebut ialah Griggs Group. Perusahaan ini membeli lisensi sepatu untuk dipasarkan di Inggris /UK sekitar tahun 1960-an. Perusahaan ini melakukan sedikit perbaikan dalam desainnya, membuat ciri khas berupa jahitan sol sepatu dengan benang warna kuning, dan melabeli sol dengan nama trade mark ‘Airwair’, lalu mulai memproduksi sepatu boot ini. Disinilah titik penting dalam sejarah sepatu sang dokter: Boot klasik Docmart-1490 untuk pertama kalinya menginjak pasar London. Dari sinilah awal Sejarah sepatu ini dimulai sebelum menguasai dunia. Atau yang sering di kenal Dr.Martens Invasion.

Bootyang diproduksi berwarna merah cherry yg desainnya nyaman dan praktis ini tenyata disukai oleh kalangan working class atau kelas pekerja, class pekerja pada saat itu didominasi oleh skinhead. dapat diartikan juga bahwa kalangan skinhead lah yang pertama kali menggunakan spatu Dr.Martens. Banyak sekali buruh pabrik, tukang pos, bahkan petugas polisi memakainya saat bertugas. Image sebagai sepatu milik common-people pun terbentuk secara alami.

Dan sepertinya, image itulah yg kemudian merebut perhatian anak muda dari kalangan sub-kultur punk. Pada akhir tahun 60-an, sepatu sang dokter ini banyak digunakan oleh komunitas SKINHEAD Inggris dan genk motor, menurut informasi yang saya dapat genk motor di ingris tersebut mengunakan motor vespa atau lambreta pada umumnya. Para Skinhead pun pada saat itu hingga kini memiliki kebiasan, yaitu menyemir boot yang mereka miliki. Namun pada saat itu Skinhead memiliki Kreativitas yang membekas hingga kini yaitu menyemir boot merah Docmart dengan semir warna hitam sampai warnanya jadi merah gelap dan mengkilap, sehingga merubah warna merah tersebut berubah menjadi warna merah marun.

Lalu pada tahun 1970-an sepatu Dr.Martens makin populer dan terkenal disebabkan karena banyak artis Punk Rock, Ska, Psychobillies, Goths, Industrialis, hardcore, straight-edge, Glam, bahkan New Wave yg memakai sepatu Dr.Martens. Karena musisi-musisi pada saat itu banyak sekali yang menggunakan Dr.martens hal ini menimbulkan long-march yg dilakukan Docmart dari kota London menyebar ke seluruh dataran Inggris dan Eropa, lalu ke menginvasi dunia.

Puncaknya di tahun 1900-an, sepatu Docmart berkembang menjadi trend yg menjangkiti semua orang, bukan hanya sub-kultur Punk saja. Ia menjadi industri besar. Hal ini sedikit membuat segaian kalangan kecewa misalnya, sebagian komunitas Skinhead sejati yg identik dengan spirit anti kemapanan dan anti kapitalisme mulai mempertanyakan brand sang dokter. Sebagian dari mereka mulai beralih ke merk pesaing Docmart, seperti Grinder, Ranger, Gripfast dan lain sebagainya.

Tapi boot sang dokter terlanjur membuat bekas jejak solnya di dalam dunia. Docmart adalah sepatu yg menjadi legenda di dunia fashion anak muda. Meskipun Dr.Martens sendiri perkembangan di Indonesia pernah menghilang, tetapi tetap saja. Para skinhead di Indonesia sendiri banyak menggunakan sepatu Dr.Martens ini. Dalam hal ini kesimpulan saya adalah, walau ekonomi negara kita rendah dan tidak setabil membuat harga sepatu Dr.Martens pun naik dan turun. Walau Turun harga Dr.Martens yang baru tetap berkisar 1juta rupiah. Tetapi Jika kita lihat di Indonesia, banyak skali Para skinhead yang menggunakan sepatu Dr.Martens. ini menunjukan bahwa anak skinhead yang sebagian besar berekonomi pas-pasan dapat memperoleh barang ini dan kebanyakan dari mereka terutama yang di Indonesia memperolehnya dengan bekerja dan menabung. hal ini membuktikan bahwa kultur SKINHEAD INDONESIA tetap bisa survive hingga saat ini dan terus berkembang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: