Oleh: m3d14ku | 13 Mei 2013

Tidur 9 Jam Setiap Hari Bikin Langsing

“Jangan kebanyakan tidur, nanti kamu gendut!” Pernah dengar kalimat itu? Orang Indonesia adalah orang-orang yang rajin, kita terbiasa dengan anggapan bahwa banyak tidur sama dengan malas. Orang yang banyak tidur disamakan dengan pemalas, bahkan disamakan dengan hewan tertentu yang selalu tidur setiap waktu. Kita juga terbiasa dengan jam tidur yang normal antara 7 hingga 8 jam, lebih dari itu, bisa-bisa kita di cap pemalas.

Tetapi tahukah Anda, sebuah penelitian yang dilansir Genius Beauty menunjukkan bahwa tidur lebih dari 8 jam justru disarankan. Bahkan, tidur selama 9 jam atau lebih dipercaya bisa membuat seseorang selalu berada dalam berat badan yang ideal, terhindar dari kegemukan bahkan obesitas. Memang sulit dipercaya, tetapi begitulah hasil penelitian tersebut.

Para ilmuwan Amerika dari University of Washington melakukan penelitian pada 1088 pasang saudara kembar. Mereka dinilai berdasarkan indikator kesehatan dan gaya hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik memiliki pengaruh langsung pada indeks massa tubuh (BMI). BMI adalah skala pengukuran untuk menilai apakah berat badan seseorang normal, kekurangan berat badan hingga kelebihan berat badan.

Dengan gen yang sama, para peneliti juga menilai lama tidur mereka. Pada pasangan kembar, mereka yang tidur kurang dari 7 jam perhari memiliki BMI dua kali lebih tinggi dibandingkan kembaran mereka yang tidur 9 jam (catatan: semakin tinggi BMI seseorang, semakin kelebihan berat badan bahkan obesitas).

Dr Nathaniel Watson yang tergabung dalam penelitian tersebut menjelaskan bahwa kurang tidur menciptakan rasa ‘nyaman’ pada gen yang berhubungan dengan obesitas. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam the Sleep Journal memang masih awal dan memerlukan penelitian lanjutan. Apakah Anda percaya pada hasil penelitian ini dan akan tidur setidaknya 9 jam setiap hari?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: