Oleh: m3d14ku | 2 Mei 2013

Smooch!

Bibir selalu menjadi titik perhatian saat kita berinteraksi dengan orang lain. Namun, banyak yang menyepelekan bagian wajah yang satu ini. Tak peduli semahal apa pun pemulas bibir yang dipakai, bila bibir kering dan kusam, pasti akan terlihat tidak indah. Menurut Juliana Yu MD.H. Cosmetologist, CIBTAC, BABTAC, IPTI, ITAC, CIDESCO,  kulit bibir harus dirawat agar tetap sehat dan menarik. Bila kering dan pecah-pecah biasanya terjadi karena kurangnya asupan air dan vitamin pada tubuh serta kondisi kelembapan yang tidak terjaga. Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. Simak cara merawatnya berikut ini!

8 gelas air putih
Selain kulit tubuh, kulit bibir juga bisa menjadi kering bila kita sedikit mengonsumsi air putih. Bibir akan terlihat   kasar dan keputihan karena kurangnya asupan kelembapan dari dalam tubuh. Solusinya, konsumsi minimal 8 gelas air putih untuk mencegah dehidrasi dan bibir tetap terjaga kelembapannya. Hindari membasahi bibir menggunakan air liur. Karena,  menurut Juliana Yu, hal ini akan menambah kekeringan pada bibir karena enzim yang terdapat pada air liur dapat membuat bibir iritasi dan  makin kering.

Jaga nutrisi dengan buah dan sayur
Kurangnya nutrisi dalam tubuh membuat kulit menjadi kusam, begitu juga pada bibir. Untuk menghindarinya, konsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin C, B, dan E, serta mineral minimal 3 porsi dalam sehari Vitamin C dalam buah berry kaya akan antioksidan yang baik untuk kulit juga pigmen. Sayuran dan buah yang kaya akan mineral juga membuat tubuh terhindar dari dehidrasi dan terjaga kelembapannya.

Hindari rokok dan alkohol
Hindari alkohol. Selain membuat kulit dan bibir menjadi kering, juga dapat menyebabkan retensi cairan pada ginjal dan liver. Begitu pula rokok. Nikotin yang terdapat dalam rokok dapat menyebabkan peningkatan pigmen melanin di bibir sehingga warna bibir lama-kelamaan berubah menjadi kehitaman dan lebih gelap.

Gunakan lip balm!
Kulit bibir 3 kali lebih tipis dibanding dengan kulit wajah, sehingga butuh perlindungan ekstra agar tetap sehat. Gunakan lip balm untuk menjaga kelembapan bibir dari luar. Pilih yang mengandung SPF sebagai perlindungan bibir dari sinar ultraviolet.

Scrub secara berkala
Untuk menjaga kulit bibir tetap kencang dan terus beregenerasi, luruhkan sel kulit mati dengan scrub bibir setelah membersihkan bibir 2 kali dalam seminggu. Selain merangsang tumbuhnya sel baru, juga meregenerasi pertumbuhan kolagen secara konsisten agar kulit bibir tetap kencang dan lembut.

Bersihkan secara khusus
Jerawat sering kita temukan di sekitar bibir, hal ini biasa disebabkan karena sisa-sisa residu yang tertinggal di sekitar bibir menyebakan timbulnya jerawat. Setelah seharian menggunakan riasan, pastikan Anda selalu membersihkan bibir secara khusus. Pilih pembersih berbentuk lotion, atau bisa menggunakan cleangsing lotion untuk wajah karena lebih lembut bagi kulit bibir. Bersihkan secara rutin 2 kali dalam sehari.

Madu agar bibir lembab
Saat kita tidur, pendingin ruangan yang kita nyalakan sepanjang malam bisa membuat kulit bibir menjadi kering. Selain minum air putih secukupnya sebelum tidur, oleskan bibir dengan madu. Diamkan selama lima menit dan hapus. Madu berfungsi sebagai masker yang melembapkan dan juga dapat memperbaiki sel kulit yang rusak dan meregenerasi kulit baru karena kandungan vitamin C, B, serta mineral di dalamnya.

Spa alami di rumah
Untuk bibir yang sedang pecah-pecah, gunakan scrub dari bahan alami di rumah. Lumatkan buah stroberi, campur dengan air jeruk nipis yang kaya akan antioksidan sekaligus pencerah alami.  Gosokkan secara perlahan pada permukaan bibir. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Pemulas bibir yang tepat
Skenariomua, Anda ingin memulaskan lipstik merah yang kinis edang in. Namun yang didapat adalah bibir menjadi pecah dan kering. Biasanya, pemulas bibir ini lebih sedikit mengandung pelembap, untuk itu oleskan lip balm terlebih dahulu. Hindari menggunakan pemulas bibir yang tahan lama atau jenis waterproof terlalu sering. Formula khusus yang ada di dalam lipstick jenis ini cenderung membuat bibir dehidrasi dan kering. lebih baik, batasi penggunaan seminggu 2 kali atau pergunakan hanya pada kesempatan khusus.

Hindari alergi kosmetik
Lipstik yang tidak sesuai dengan kondisi bibir dapat membuat kulit di area ini menjadi kehitaman. Penyebabnya adalah reaksi sistem imun yang melindungi tubuh dan mengubah warna bibir karena alergi. “Hindari hal ini dengan mengoleskan lipstik pada kulit di belakang telinga, tunggu 24 jam. Bila terasa gatal dan perih, itu tandanya kulit tubuh dan bibir Anda tidak cocok dengan lipstik yang digunakan.’ Ujar dr. Deby Vinski AAMS.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: