Oleh: m3d14ku | 24 April 2013

5 Kesalahan Diet Yang Dilakukan Banyak Orang

Inginnya punya tubuh sehat, langsing dan bisa pakai baju apa saja, tapi kesalahan diet ini hampir dilakukan semua orang dan membuat tubuh tidak sehat. Hati-hati, diet yang sembarangan dan asal ikut-ikutan justru bisa membuat berat badan makin naik dan membahayakan kesehatan, dilansir Newsmaxhealth.

Mengonsumsi Makanan Bebas Lemak

Banyak produsen memproduksi makanan dan camilan bebas lemak, sayangnya produk-produk tersebut justru berpotensi mengacaukan program diet. Banyak orang berpikir bahwa lemak harus dihindari tanpa memperhitungkan asupan kalori. Padahal makanan yang diberi label rendah lemak atau bebas lemak justru mengandung gula dan kalori. Anda justru dianjurkan mengonsumsi lemak baik dari minyak zaitun, alpukat atau ikan.

Beralih ke Minuman Diet

Sama halnya dengan minuman, banyak produsen memberi label diet soda atau minuman diet. Minuman tersebut dikatakan rendah gula atau bebas gula. Nyatanya, penelitian menunjukkan bahwa pemanis buatan justru dapat memicu nafsu makan. Penelitian yang dilakukan Texas Health Science Center menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi minuman diet atau diet drink mengalami peningkatan lingkar pinggang 70 persen dibanding sebelumnya. Jika ingin program diet berhasil, ganti semua minuman yang biasa Anda konsumsi dengan air mineral.

Melewatkan Jam Makan

Banyak orang salah paham bahwa diet berarti memangkas jumlah makanan, padahal itu salah. Sehingga melewati jam makan dipilih banyak orang untuk menurunkan berat badan. Cara ini justru bisa mengacaukan metabolisme tubuh. Diet adalah mengatur pola makan sehingga nutrisi tercukupi, tidak berlebih dan tidak membuat seseorang merasa lapar. Pastikan Anda makan 3 kali sehari dengan pengaturan protein, serat, karbohidrat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Makan Camilan Ringan

Tangan sering gatal mengambil beberapa ‘camilan ringan’ untuk menemani waktu santai. Keripik kentang, keripik singkong dan camilan sejenis memang tampak ringan, tetapi memiliki kalori berkali-kali lipat dibandingkan seporsi makan siang lengkap dengan lauknya. Inilah yang bisa membuat tubuh mendapatkan kalori ekstra dan bisa menambah berat badan tanpa Anda sadari. Ganti semua ‘camilan ringan’ itu dengan camilan berat seperti apel, pir, pisang atau buah-buahan lainnya.

Hanya Olahraga Tanpa Pengaturan Pola Makan

Olahraga dan latihan memang baik untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus membakar kalori, tetapi itu saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan, harus ada kombinasi perubahan pola makan. Para ahli kesehatan menyarankan agar Anda mengatur pola makan yang lebih sehat dan sesuai dengan kebutuhan harian, sekaligus melakukan latihan dan olahraga yang dapat membakar kalori, membentuk tubuh dan membangun massa otot.

Jangan salah ya, ladies! Diet bukan untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk dan membuat diri lapar. Diet adalah pengaturan pola makan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan harian Anda tanpa siksaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: