Oleh: m3d14ku | 17 April 2013

Kanker Prostat Bisa Dicegah Dengan Bubur Tomat

Kanker prostat bukan penyakit yang baru lagi di dunia medis. Penyakit ini dialami pria dan menjadi ancaman bagi kaum pria. Bahayanya sepadan dengan kanker payudara atau kanker serviks pada wanita.

Sekalipun tidak punya gen yang pernah mengalami kanker prostat, tak ada salahnya mencegah si kanker berbahaya ini kan? Apalagi, di jaman sekarang kanker tidak lagi hanya disebabkan oleh gen saja. Penyakit ini telah berkembang karena ancaman lifestyle yang buruk.

Mencegah kanker prostat juga sebenarnya tidak susah. Dengan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung likopen, setidaknya kanker bisa dicegah. Likopen sendiri adalah salah satu zat yang terdapat pada buah atau sayur berwarna orange kemerahan yang memiliki fungsi untuk mencegah kanker prostat.

Tomat adalah salah satu buah yang kaya akan zat likopen ini. Harganya murah, rasanyapun enak. Biasa digunakan sebagai jus buah atau dicampur sebagai bahan memasak.

Bagaimana memetik manfaat tomat untuk mencegah kanker prostat?

Pakar gizi Dr. Samuel Oetoro, MS. SpGK, seperti dikutip dari AntaraNews mengatakan bahwa tomat yang direbus lama hingga menjadi setengah bubur menyediakan sumber likopen yang terbaik. Bubur ini bisa dikonsumsi secara teratur dan membantu mencegah pertumbuhan sel kanker prostat.

Mengapa harus direbus? Proses merebus akan membantu likopen muncul ke permukaan. Likopen sendiri sebenarnya berada pada inti buah tomat, ia harus dipaksa keluar dengan cara direbus.

“Memang bila direbus kandungan vitamin C, betakaroten dan lainnya akan hilang. Namun, tomat menjadi istimewa karena kandungan likopennya muncul. Sedangkan vitamin dan betakaroten sendiri bisa didapat dari sayur dan buah lain,” sambung Dr. Samuel.

Cara merebus tomat yang benar:

  • Cuci bersih 2-3 buah tomat merah yang akan dijadikan bubur.
  • Didihkan 400 ml air.
  • Masukkan tomat yang telah dicincang kasar, dan tambahkan 1 sendok minyak canola atau minyak zaitun.
  • Rebus dan aduk hingga mengental dan menjadi setengah bubur.

Fungsi minyak canola atau minyak zaitun adalah untuk membantu penyerapan likopen pada usus. Karena sebenarnya zat seperti karotenoid dan likopen hanya bisa diserap apabila ada bantuan minyak.

Selain itu, Dr. Samuel juga menganjurkan agar setiap hari semua orang mengonsumsi setidaknya lima jenis sayur dan buah dengan aneka warna untuk menjaga kesehatan dan mencukupi kebutuhan nutrisi serta vitamin.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: