Oleh: m3d14ku | 11 April 2013

Jantung Wanita Ternyata Lebih Kuat Dari Jantung Pria

Kaum wanita lebih kebal dari serangan penyakit jantung arteri koroner dibanding laki-laki karena memiliki hormon estrogen.

“Hormon estrogen tersebut justru melindungi dinding pembuluh darah sehingga lemak yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah tidak mudah melekat,” kata Direktur Utama Rumah Sakit Jantung Harapan Kita dr Hananto Andriantoro.

Hananto pada konferensi pers terkait teknologi penanganan penyakit jantung arteri koroner di Jakarta, Kamis, mengatakan, menyebutkan laki-laki lebih rentan terkena kematian mendadak atau “sudden death” karena jantung arteri koroner dibanding wanita.

“Jarang sekali wanita yang terkena kematian mendadak di kisaran umur 40 tahun bahkan hampir tidak pernah ditemukan,” katanya.

Dia menjelaskan wanita yang terkena serangan jantung arteri koroner sebagian besar di atas 10 tahun setelah masa menopause.

“Jadi, kalau wanita tidak diangkat rahimnya, kemudian hormonnya normal, haidnya lancar setiap bulan dan tidak ada keluhan, hampir dipastikan tidak akan terkena jantung koroner pada saat muda,” katanya.

Dia juga menjelaskan wanita dengan siklus haid tidak beraturan dan tidak lancar, bisa disebabkan kekurangan hormon estrogen.

Hananto menyebutkan wanita biasanya terkena serangan jantung pada usia sekitar 60 tahun.

Dia menjelaskan biasanya di sekitar umur 60 tahun, wanita mulai merasakan pusing karena tekanan darah naik, kesemutan di tangan dan mulai ada gangguan di pembuluh darah kecil.

“Namun, jika tekanan darahnya dikontrol dan tidak mengidap kanker, Insya Allah bisa sampai 80 tahun terbebas dari serangan jantung arteri koroner,” katanya.

Jantung arteri koroner disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah oleh akumulasi plak yang terdiri dari lemak, kolesterol, kalsium dan endapan lain pada dinding bagian dalam arteri.

Penyakit tersebut dapat ditandai dengan gejala rasa sakit dan berat di tengah dada , napas pendek, rasa sakit pada rahang atau lengan, mulas, mual, muntah dan berkeringat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: