Oleh: m3d14ku | 27 Maret 2013

Adaptasi Terbaik dari Karya Jane Austen

200 tahun lalu, kisah cinta klasik Jane Austen ‘Pride and Prejudice’ dipublikasikan. Untuk menandai hari jadinya, kami telah mengumpulkan sebuah galeri dari adaptasi terbaik hasil karya Jane Austen…

‘Pride and Prejudice’ – 1995
Serial televisi BBC sebanyak enam episode tersebut terbukti menjadi salah satu adaptasi terbaik dari novel terkenal Jane Austen. Dibintangi oleh Jennifer Ehle dan Colin Firth, serial tersebut terbukti sempurna merangkum kisah cinta yang diceritakan secara luar biasa di dalam buku itu.

‘Sense and Sensibility’ – 1995
Adaptasi ‘Sense and Sensibility’ Emma Thomson merupakan adaptasi Austen yang paling diakui. Novel tersebut menonjolkan beberapa tema dan kisah cinta, masing-masing tampaknya jelas dan mulus namun bukan berarti bebas masalah, dan film itu menangkap adegan-adegan tersebut secara mengagumkan.

‘Clueless’ – 1995
Komedi Amerika yang dibintangi oleh Alicia Silvesterstone dan mendiang Britthany Murphy diciptakan dengan bebas dari novel karangan Austen yang berjudul ‘Emma’. Karakter utama, Cher Worowitz, merupakan interpretasi dari tokoh protagonis yang ada di novel, Emma Woodhouse. Tak lama setelah dirilis, ‘Clueless’ menempati urutan ke-32 sebagai film terlaris tahun itu.

‘Emma’ – 1996
Film tahun 1996 ini merupakan adaptasi dari novel pada tahun 1815 yang berpusat pada seorang gadis berusia 20 tahun yang suka menjodohkan orang. Gwyneth Paltrow dan Ewan McGregor meraup banyak penghargaan atas penampilan mereka sebagai Emma dan Frank.

‘Mansfield Park’ – 1999
Jalan cerita film pada 1999 tersebut memiliki beberapa perbedaan dengan novel Jane Austen. Film tersebut didistribusikan Miramax dan meraih lebih dari 4 juta dolar Amerika (sekitar Rp38,4 miliar) di box office.

‘Kandukondain Kandukondain (I have Found It)’ – 2000
Adaptasi India itu dari novel Sense and Sensibility mendapatkan pengakuan internasional saat film dengan subtitle yang dirilis memperoleh tinjauan positif di seluruh dunia. Film yang menampilkan dua kakak-adik dengan kepribadian berbeda (seperti Dashwoods).

‘Bridget Jones’s Diary’ – 2001
Film yang mendulang sukses di dunia internasional itu berdasarkan novel yang diinterpretasikan kembali dari karya klasik jane Austen pada 1813, ‘Pride and Prejudice’. Referensi film tersebut dengan di novel dibuat eksplisit, khususnya melalui nama salah satu pemeran tokoh protagonis pria, Mr Darcy.

‘Bride and Prejudice’ – 2004
Film musikal romantis Bollywood yang dibuat pada 2004 tersebut merupakan interpretasi dari novel Jane Austen, ‘Pride and Prejudice’. Film tersebut meraih sukses besar karena meledak di peringkat dunia dengan penghasilan lebih dari 27 juta dolar Amerika (Rp259,6 miliar). Kritikus film di seluruh dunia sepakat bahwa film itu berbeda dan mengadaptasi dengan baik karya sastra klasik.

‘Pride and Prejudice’ – 2005
Film adaptasi berdurasi dua jam tersebut ternyata mendulang sukses di dunia internasional, merengkuh banyak nominasi dalam BAFTAs dan Golden Globes.

‘Mansfield Park’ – 2007
Adaptasi ITV atas novel ‘Mansfield Park’ yang disiarkan sebagai perayaan ITV kepada Jane Austen, merupakan serial adaptasi yang paling populer. Billie Piper berperan sebagai pemeran utama perempuan Fanny, bersama dengan James D’Arcy sebagai Thomas Bertram.

‘Northanger Abbey’ – 2007
Adaptasi klasik ITV pada 2007 disiarkan kepada 5,6 juta orang di Inggris Raya, membuat film tersebut menjadi karya adaptasi kedua ITV paling terkenal. Film itu juga meraup kesuksesan besar di Australia dan Amerika.

‘Lost in Austen’ – 2008
Drama fantasi ITV pada 2008 menampilkan seorang penggemar Jane Austen yang dikirim ke keluarga Bennet dan hidup sebagai karakter dalam ‘Pride and Prejudice’. Meskipun peringkat tersebut merosot diakibatkan waktu tayang awalnya, kritikus mengelu-elukan ‘Lost in Austen’ sebagai drama sukses ITV.

‘Aisha’ – 2010
Adaptasi ini membawa kisah Emma ke dunia modern di Delhi sebagai seorang perempuan yang memutuskan untuk mencoba menjodohkan temannya dengan seseorang yang dirasa cocok dengannya. Namun, film tersebut tidak laris

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: