Oleh: m3d14ku | 17 Januari 2013

Tips Mengatasi Penolakan

Cinta di tolak memang sakit rasanya. Tapi, bukan hanya soal cinta, segala penolakan juga bisa terjadi dalam hal pekerjaan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tak perlu bingung, berikut akan Gemintang beberkan kasus dan solusinya.

Kasus #1: Tak mendapat kabar setelah wawancara kerja

Penyebab kenapa Anda mengalami situasi ini mungkin bisa di sebabkan karena jawaban yang Anda berikan ketika wawancara belum mampu meyakinkan pihak perusahaan untuk merekrut Anda sebagai salah satu pegawainya, atau karena gaji yang Anda minta terlalu tinggi, atau bisa juga karena ada kandidat lain selain Anda. Jika Anda telah mengetahui penyebabnya, segera koreksi apa kesalahan Anda. Jika kasus penolakan yang Anda alami karena ada kandidiat lain, itu bukan berarti Anda tidak kompeten, hanya saja ada kandidat lain yang memiliki keahlian lebih. Segera perbaiki diri dan lakukan persiapan yang lebih matang.

Kasus #2: Pengunduran diri di tolak

Jika Anda mengundurkan diri di saat perusahaan tengah membutuhkan jasa Anda, sudah jelas permohonan Anda tidak di kabulkan atasan. Ada baiknya Anda mencari waktu yang tepat ketika mengajukan surat pengunduran diri. Sebelum mengundurkan diri, tuntaskan seluruh pekerjaan Anda. Jika permintaan di tolak karena belum adanya karyawan pengganti, Anda bisa merefrensikan orang lain atau kenalan Anda sebagai gantinya atau bisa juga mendaftarkan lowongan pekerjaan untuk karyawan baru seiring rencana Anda untuk keluar.

Kasus #3:  Permohonan cuti ditolak

Baru seminggu yang lalu mengajukan cuti, sekarang sudah minta cuti lagi. Kalau sudah begitu, pintar-pintarlah mengatur waktu. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik mungkin. Terlalu banyak cuti juga bisa membebankan banyak pihak dan diri Anda sendiri nantinya. Jika waktu cuti terlalu banyak habis hanya karena liburan, manfaatkan tanggal-tanggal merah di kalender untuk melakukannya. Dengan begitu, ketika Anda mengambil cuti untuk keperluan lain, Anda tak perlu bingung lagi.

Kasus #4: Ide tidak di terima

Ide yang tidak menarik dan tidak orisinil tentu saja akan di tolak. Perhatikan cara penyampaian Anda ketika menyampaikan ide tersebut. Pahami prosedur dan nyatakan ide Anda secara realistis dan sistematis. Ketika Anda di hadapkan terhadapa penolakan seperti ini, jangan langsung berhenti menyatakan ide. Lakukan hal-hal yang semestinya perlu Anda evaluasi ketika Anda menyampaikan ide di kesempatan berikutnya.

Kasus #5: Permintaan naik gaji di tangguhkan

Performa kerja buruk, tapi sudah minta naik gaji, mungkin ini penyebabnya. Kondisi keuangan perusahaan yang sedang kembang kempis bisa juga menjadi penyebab permintaan Anda di tolak. Kenaikan gaji seorang karyawan memang sebuah hak. Tapi Anda juga harus mengimbanginya dengan kualitas kerja yang prima. Berikan kontribusi dan nilai plus dari diri Anda kepada atasan. Jika sudah begitu, jangan ragu untuk meminta kenaikan gaji. Tapi jika permintaan Anda tak kunjung dikabulkan padahal semua yang terbaik telah Anda berikan, lebih baik cari perusahaan lain yang lebih menghargai kinerja Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: