Oleh: m3d14ku | 24 Desember 2012

Wisata Bakau di Kampung Tua Laine

Kampung Laine berada dalam wilayah administrasi Kecamatan Manganitu Selatan, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara. Kampung ini termasuk perkampungan tua. Terdapat beberapa rumah peninggalan masa lalu yang keasliannya masih terjaga. Kampung Laine dapat ditempuh dengan berkendara dari Tahuna selama lebih kurang 2 jam.

Kampung Laine menyimpan potensi wisata alam yang sungguh luar biasa indah, termasuk sungai yang sangat panjang dan lebar. Sungai yang mengalir dari arah Timur menuju muaranya di Barat ini sungguh merupakan sajian alam yang luar biasa. Kiri kanan sungai terhampar hutan bakau yang sangat padat dan masih asli. Sangat ideal bagi pemburu foto lanskap.

Menelusuri Sungai Kampung Laine dapat dilakukan dengan menyewa perahu penduduk setempat. Berangkatlah menjelang matahari terbit. Bertolak dari dermaga kecil di belakang Pasar Laine, pemandangan hutan bakau yang masih asli telah tersaji di depan mata. Jika beruntung, kita bisa bertemu dengan buaya yang masih hidup bebas di sungai ini.

Berusahalah berada di muara tepat matahari menampakkan dirinya. Alam akan menyajikan sesuatu yang dahsyat. Air yang jernih dan tenang seakan menjadi cermin bagi langit dan bakau dengan sangat indahnya. Perubahan warna langit perlahan menggradasi, sungguh merupakan sebuah sajian eksotisme.

Membiarkan perahu hanyut terbawa arus merupakan tindakan yang tepat untuk menikmati sajian alam yang masih perawan ini. Jika punya nyali, cobalah ajak tukang perahu untuk masuk menyusuri lorong-lorong hutan bakau yang padat itu, lalu sediakan lensa tele untuk membidik beraneka jenis burung yang bertengger mencari makan di antara pohon bakau. Jangan lupakan juga memperhatikan kepiting bakau yang berkeliaran di antara akar-akar bakau yang menancap.

Jika Anda penyuka memancing, sempatkan waktu berada di muara. Tambatkan perahu di tepi bakau, dan keluarkan alat pancing. Air sungai yang bertemu dengan air laut merupakan suatu tantangan bagi pemancing. Ikan yang masih tersedia cukup banyak jelas membuat kegiatan memancing menjadi mengasyikkan.

Menuju Kampung Laine dari Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, dapat ditempuh dengan menumpang pelayaran ke Tahuna. Tersedia pelayaran kapal cepat atau dengan pelayaran kapal malam. Dari Tahuna, pengunjung dapat menyewa mobil menuju Laine, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Jika ingin menginap, maka tempat menginap ada di Kampung Laine.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: