Oleh: m3d14ku | 18 Desember 2012

SEJARAH HERMES BIRKIN

Hermes dikenal dan dipuja oleh para pecinta fashion terutama untuk produksi tas wanita. Untuk diketahui, hebatnya, Hermes tidak menggunakan mesin perakitan besar seperti di pabrik-pabrik tas pada umumnya. Hermes, sebuah perusahaan besar yang menghasilkan maha karya tas wanita, hanya dikerjakan oleh satu perajin, yang biasanya telah bekerja untuk Hermes selama beberapa dekade, membuat sebuah tas wanita dengan dedikasi dan cinta. Satu tas wanita biasanya membutuhkan 18 sampai 24 jam untuk ‘lahir’ ke dunia. Pembuatan tas wanita termasyur dari Hermes, Kelly Bag misalnya. Masing-masing tas “Kelly Bag”, konon membutuhkan 18 jam non-stop dijahit tangan dan memerlukan kulit sekitar dua ekor buaya untuk membuat hanya satu Kelly Bag. Wow, bahan dan desain yang begitu fantastis!

Bahan kulit yang digunakan untuk tas wanita Hermes sendiri, berlimpah datang dari seluruh dunia. Jadi, keluhan yang kerap terdengar bahwa para calon pembeli harus memesan dan menunggu sampai satu tahun untuk mendapatkan pesanan Kelly Bag’nya, hanyalah sekedar desas desus yang dilebih-lebihkan. Yang lebih menyenangkan lagi, apabila anda pemilik dari barang-barang kulit produksi Hermes dan anda memerlukan perbaikan, anda dapat membawa barang anda yang rusak ke setiap toko Hermes di seluruh dunia. Barang anda akan diterbangkan ke Hermes Atelier di Pantin, dekat Paris, untuk perbaikan atau rekondisi.

Produk lain yang juga sangat terkenal dari Hermes adalah “Birkin”. Tas wanita yang sangat menakjubkan ini dinamai Birkin karena pembuatan tas ini terinspirasi oleh aktris Inggris Jane Birkin. Pada satu kesempatan pertemuan dengan Jean-Louis Dumas, Birkin mengeluh bahwa baginya, “Kelly Bag” merupakan tas twanita yang kurang praktis untuk penggunaan sehari-hari. Jane Birkin langsung diundang ke Prancis di mana mereka bersama-sama merancang tas wanita yang dinamai Birkin yang sampai sekarang melegenda. Tas Birkin dari Hermes sangat populer bahkan beberapa hingga beberapa dekade setelah penciptaannya. Walaupun harganya sangat tinggi, sampai saat ini Birkin masih dianggap salah satu tas wanita keluaran Hermes yang harus dimiliki oleh setiap wanita.. Bagaimana sebenarnya asal mula tas ini terlahir? Birkin pada awalnya merupakan tas yang diciptakan berdasarkan inspirasi dari seorang aktris, penyanyi, sekaligus ikon fashion kelahiran Inggris yang tinggal di Perancis bernama Jane Mallory Birkin, atau dikenal Jane Birkin. Aktris jelita yang kini berusia 64 tahun itu dahulu juga dikenal sebagai muse dari seniman musik, aktor, sekaligus sutradara terkenal asal Perancis, Serge Gainsbourg. Birkin terkenal jdi Indonesia awal 1970-an lewat lagu “J’Taime”, di mana ia hanya mengeluarkan rintihan.

Alkisah, pada awal tahun 1980-an, CEO Hermes Jean-Louis Dumas duduk berdekatan dengan Jane Birkin di pesaWat dalam perjalanan antara Paris dan London. Ketika itu, Birkin tanpa sengaja menjatuhkan tas tangannya serta menumpahkan isinya. Birkin lalu mengeluh kesulitan menemukan tas tangan yang cocok dan nyama» untuknya Dari peristiwa itulah, tahun 1984 Hermes kemudian menciptekan sebuah tas yang lantas mengambil nama sang aktris, Birkin. Jane Birkin sendiri membenarkan asal mula tas itu dalam sebuah wawancara mengan majalah Elle pada Maret 2010. Tas Hermes generasi sebelumnya, yakni Keljy, juga merujuk pada sosok Grace Kelly, aktris Hollywood yang juga istri d&ri Pangeran Monako, Rai-nier III. Hanya saja, tas tersebut sebenarnya dinamai Sac. à dépêches. Namun, Grace Kelly kerap memakai tas itu untuk menutupi kehamilannya dari jepretan para paparazi. Akhirnya, tas yang kerap dijinjing sang putri Monako ini dijuluki Kelly Bag.

Uniknya, Jane Birkin sendiri dalam wawancara dengan Vogue mengaku hanya memiliki empat tas Birkin. Dua Birkin di antaranya dilelangnya untuk membantu korban tsunami di Jepang. Salah satu Birkin yang dilelang di situs ebay itu pada April 2011 terjual seharga Rp 1,4 miliar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: