Oleh: m3d14ku | 18 Desember 2012

Blatter Minta PSSI Menata Rumah

Presiden Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Sepp Blatter menginstruksikan PSSI agar menata ”rumah” sepak bola Indonesia dari kekacauan dan perpecahan. Jika hal itu gagal dilakukan hingga Komite Eksekutif FIFA bersidang pada 20-21 Maret 2013, FIFA akan membekukan sepak bola Indonesia.

”The Indonesia FA have 3 months to put their house in order!” demikian tulis Blatter lewat akun Twitter-nya, Sabtu (15/12). Jika diterjemahkan, kicauan orang nomor satu di badan sepak bola tertinggi dunia itu kira-kira berbunyi, ”Asosiasi Sepak Bola Indonesia mempunyai waktu tiga bulan untuk menata rumahnya.”

Sangat jarang, sejak memiliki akun Twitter pada 29 April 2010, Blatter berkicau soal sepak bola Indonesia. Kicauan itu dia lontarkan tak lama setelah hal serupa disampaikan dalam jumpa pers di Tokyo, Jepang.

”Sudah dua tahun,” demikian Blatter menegaskan kata-kata itu hingga tiga kali dalam jumpa pers yang ditayangkan lewat situs FIFA dan YouTube. ”Sudah dua tahun mereka (PSSI) berusaha menyatukan dua bagian organisasi sepak bola, tetapi mereka tak bisa melakukannya,” katanya.

”Mereka meminta agar diberi waktu tiga bulan, yakni hingga Maret tahun depan. Juga ada pembelaan dari Konfederasi Sepak Bola Asia dalam hal itu. Kami sampaikan, Komite Eksekutif seperti memberi hadiah Natal dan akhir tahun bagi Indonesia untuk tidak dihukum dengan sanksi.”

Berubah menit terakhir

Blatter mengakui, FIFA semula akan menjatuhkan sanksi pada Indonesia sebelum keputusan itu diubah Komite Eksekutif pada menit-menit terakhir. Menurut informasi, selain didukung anggota Komite Eksekutif asal Asia (empat orang), Presiden UEFA Michel Platini—yang Selasa lalu menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Pelaksana Tugas Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Zhang Jilong soal kerja sama Asia-Eropa—dan David Cheung dari Konfederasi Sepak Bola Oceania disebut-sebut membantu lobi PSSI.

”Kini, mereka harus bekerja,” tutur Blatter, ”Dapatkah kalian bayangkan, di Indonesia ada dua kelompok yang mengarahkan sepak bola? Mereka punya liga yang bagus, tetapi pemain dari liga itu tidak bisa bermain di tim nasional. Ada sesuatu yang salah.”

Konflik sepak bola Indonesia menajam ketika beberapa klub yang sebelumnya berlaga di Liga Super Indonesia menggelar liga di luar kompetisi PSSI. Dimotori empat anggota Komite Eksekutif PSSI yang dipecat, mereka membentuk Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia.

Blatter merinci risiko Indonesia jika dibekukan, yakni timnas Indonesia di semua level (tim senior, yunior, tim wanita, tim sepak bola indoor) dan para wasitnya dikucilkan dari ajang internasional serta program bantuan keuangan FIFA diputus. ”Selalu sangat menyakitkan bagi suatu negara jika hukuman pembekuan itu dijatuhkan,” kata Blatter.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: